Monday, April 27, 2015

Manfaat Rumput Laut Indonesia

Indonesia yang terbentang luas yang banyak sekali menghasilkan penghasilan yang sangat luar biasa ,mulai dari pegunangan hingga biota lautnya. Rumput laut merupakan salah satu kekayaan alam bawah laut yang sangat luar biasa banyaknya . Rumput laut merupakan tumbuhan laut yang sangat di butuhkan juga untuk menjaga atau menetralisir kan tubuh dan ancaman penyakit .



Gulma Laut atau Rumput laut adalah salah satu sumber daya hayati yang terdapatdi wilayah pesisir dan laut. Yang dimaksud dengan gulma laut adalah tumbuhan dari anggota dari kelompok vegetasi yang dikenal dengan Alga(gangang) sumber daya ini biasanya ditemukan di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang.

Kita tau bahwa Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam yang sangat luar biasa ,sehingga tak heran kalau rumput laut yang tubuh di dalam laut terbilang subur dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk menikmati keindahan rumput laut serta karang karang di sekitarnya.

Di Indonesia sendiri yang merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas , sudah mulai banyak memanfaatkan atau membudu dayakanrumput laut. Maka dari it, banyak olahan makanan yang menggunakan ekstrak rumput laut. Rumput laut sendiri merupakan jenis tumbuhan Algae yang tidak memiliki batang ,dau, atau pun akar. Bentuknya yang beraneka ragam dan tergantung jenisnya, yang memberikan manfaat tersendiri bagi yang mengkonsumsinya. Nutrisi yang terkandung di dalam rumput laut ini sangat lengkap dan sangat baik seperti vitamin K,Kalsium,Zat besi,Serat alami,asam lemak omega 3 dan yodium.

Ada beberapa jenis Rumput laut yang tumbuh subur di laut 


1.       Jenis Eucheuma : Tumbuh di perairan yang cukup tenang dengan pesisir pasir yang berkarang

2.      Jenis Gracilaria : Tumbuh di perairan yang tenang di suatu teluk

3.      Jenis Gelidium

Beberapa daerah dan pulau di Indonesia yang masyarakat pesisirnya banyak melakukan usaha budi daya rumput laut .

para pencari rumput laut sedang memanen hasil Rumput lautnya


Disini admin akan memberikan beberapa manfaat yang sangat luar biasa yang dapat anda gunakan untuk membuat hidup anda lebih sehat dan bugar dalam menjalani rutinitas sehari hari.

Berikut adalah manfaat rumput laut jika anda mengkonsumsinya dengan baik dan tertatur


1. Dapat mencegah terjadi pengeroposan pada tulang , kalsium yang dihasilkan oleh rumput laut dapat membantu kekuatan tulang anda. Bagi perempuan dengan usia lanjut ,mengkonsumsi rumput laut dapat mencegah terjadinya penyakit tulang (Osteoporosis)
2.Mencegah kanker
3.Dapat untuk merawat kecantikan kulit pada wanita muda
4.Menurukan berat badan anda, banyak wanita yang tidak mengetahui zat-zat yang terdapat di dalam rumput laut ini,karena rumput laut sangat baim ketika anda ingin diet untuk menurunkan berat badan anda. Rumput laut yang mengandung serat alami yang baik dapat mengontrol berat badan anda
5.Mengurangi gejala penyakit Hipertesa 


Itulah 5 manfaat yang mungkin bisa menjadi alternatif anda untuk menjaga kesehatan jasmani anda.

Sekian,Nusantara Indonesiku ....


EmoticonEmoticon