Monday, April 27, 2015

Legenda gunung semeru

Gunung semeru adalah gunung yang berada di pulau Jawa dengan ketinggian kurang lebih adalah sekitar 3.676 meter(12.060 kaki) di atas permukaan laut. Gunung bromo merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di pulau jawa,. Letak nya tepat di provinsi Jawa Timur Indonesia dengan koordinat  8o6’28.8”LS,112o55’12”BT dan gunung ini masih aktif . letusan terakhir terjadi pada tahun 2008 dan mungkin masih bisa berlanjut.


Gunung semeru adalah sebuah gunung merapi kerucut di Pulau Jawa. Kawah di Puncak gunung semeru juga  di kenal dengan Jonggring Saloko,termaksud dalam dua wilayah yaitu kabupaten Malangdan kabupaten lumajang ,provinsi Jawa Timur Surabaya.

Gunung semeru adalah gunung yang menjadi salah satu tujuan untuk para pecinta alam dengan rute pendakian yang sangat menantang dan juga anda akan di suguhkan dengan keindahan hutan yang masih alami dn luar biasa indah, tak salah banyak para pendaki yang ingin menginjakkan kaki nya di puncak Gunung Semeru ini.

Menurut legenda masyarakat jawa yang ditulis di kitab Kuna Tantu Pagelaran yang berasal dari abab ke-15, pada jaman dahulu kala pulau jawa mengambang di atas laut,para dewa memutuskan untuk memakukan pulau jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru di India Di atas Pulau Jawa. Dewa Wisnu berpura pura menjadi kura-kura raksasa untuk menggendong gunung itu di punggungnya, sementara dewa brahma menjelma menjadi ular dan membelitkan tubunya pada gunung dan badan kura kura sehingga gunung itu dapat di angkut dengan aman. Masih ada kelanjutan tentang legenda tersebut admin hanya mengetahu sekilas tentang legenda nya gunung semeru. Lingkungan Pulau jawa dan Bali memang cocok untuk lambang lambang agama Hindu. Dalam agama Hindu ada kepercayaan Tentang Gunung semeru , gunung ini di anggap sebagai rumah atau tempat bersemayamnya para dewa dewa dan sebagai sarana penghubung di antara bumi(manusia)dan kayangan .

gunung semeru Indonesia



Jika anda mendaki ke gunung yang satu ini selain anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang indah anda juga dapat melihat flora dan fauna yang hidup disana. Flora yang berada di sana adalah beranekaragam jenisnya banyak didominasi oleh pohon cemara ,akasia,pinus dan jenis Jamuju. Sedang untuk tumbuhan yang bawah di dominir oleh Kiriyuh,alang-alang,tembelekan,harendong dan edelweis putih, edelweis yang banyak kita jumpai di lereng lereng gunung ini dan juga ditemukan beberapa jenis Anggrek endemik yang hidup disekitar semeru Selatan. Untuk Faunanya ada beberapa jenis Fauna yang menghuni gunung semeru seperti macan kumbang,budeng,luwak,kijang,kancil,dll. Sedangkan di daerah laiinya di gunung semeru di Ranu Kumbolo terdapat Belibisyang masih liar.

Secra iklim di gunung semeri bertipe iklim B ( schmidt dan Ferguson) dengan curah hujan 827 ,mm-5.498 mm per tahun dengan jumlah hari hujan 136 hari/tahun dan musim hujan jatuh pada bulan November-April. Suhu udara di puncak Gunung bekisar antara 0-4oc.
Jika anda ingin melakukan pendakian bersama teman anda ada bainya anda melakuakn perjalan dan waktu yang tepat yaitu dilakukan pada musim kemarau yaitu bulan juni,juli,agustusdan september sebaiknya tidak melakukan pendakian pada musim hujan karena sering terjadi badai dan tanah longsor.menggunakan perlengkapan lengkapa, ada baiknya anda menggunakan kaca mata dan penutup hidungkarena banyak debu yang berterbangan. Sediakan kamera anda dan potretlah dengan menggunakan bendera kebanggan kita merah putih.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda anda yang ingin merasakan sensai dengan melakukan pendakian ke gunung Semeru. Jangan lupa Berdoa untuk keselamatan anda dan teman teman anda sebelum melakukan pendakian ke gunung yang dimiliki Indonesia Nusantara,,...

Sekian ,semoga berhasil


EmoticonEmoticon