Sunday, March 8, 2015

Wisata Istana Ratu Boko Yogyakarta



Sebelum anda berpetualang khususnya pada saat anda liburan atau mudik ke kota yang penuh dengan kebudayaan yang sangat terjaga yaitu Yogyakarta anda pasti disajikan berbagai kebudayaan,kuliner serta bangunan-bangunan tua di jaman lampau.Jika anda bermudik kekota yang satu ini cobalah untuk mengunjungi situs peninggalan sejarah yaitu Istana Ratu Boko.
Istana Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan  Rakai Panangkaran,salah satu keturunan Wangsa Syailiendra.Istana yang pada awalnya bernama Abyaharagiri Vihara yang berarti biara di bukit yang penuh kedamaian yang didirikan untuk bertujuan sebagai tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Secara historis diperkirakan Istana ini merupakan peninggalan yang bercorak hindu dan budha hal tersebut dibuktikan dengan penemuan prasasti yang dituliskan tahun 792 ditorehkan ketika zaman Rakai Pikatan. Sekitar tahun 856 masehi seorang yang bernama Rakai Walaing pun Kumbayoni bawahan Rakai Pikatan mulai merombak bukit Boko menjadi tempat perdamaian




Istana Ratu Boko terletak di bukir Boko di atas ketinggian 195.75 DPL dengan luas sekitar 160.898 m2.Dengan koordinat 7.771 LS 110.401 BT persis berada di dusun samberwatu desa Sambirejo dan dusun Dawung kecamatan Prambanan kab.Sleman kota Yogyakarta.Istana Ratu Boko ini banyak dijumpai peninggalan Arkeologi seperti gapura istana,ruang pembakaran,pemandian dan arca.
Untuk bisa sampai ke Istana Ratu Boko ini tidaklah sulit apabila anda wisatawan dari arah solo atau klaten.Pertama pastikan untuk sampai di candi prambanan,lalu menuju kesebelah barat menuju pasar yang ada di Prambanan kemudian keselatan ke arah Piyunganlihat petunjuk arah parkir candi Boko.Untuk yang melewati Jogja anda bisa menuju arah timur dahulu ke arah prambanan. Jalan alternatif yang mungkin bisa anda lewati adalah memilih parkir di bawah dekat dengan jalan maka diharuskan untuk berjalan menaiki tangga. Namun terdapat jalur alternatif yang bisa di lalui mobil mobil maupun motor apabila sudah sampai tempat parkir utama diutara candi,jang terburu-buru untuk parkir, jalan alternatif dekta,silahkan untuk berjalan lagi kearah barat sekitar 1 kilo melewati bukit kemudian belok kiri samping bukit Istana Ratu Boko,jalanan memang sempit karena memang jalan ini adalah jalan pedesaan hanya membutuhkan waktu 5-10 menit maka bisa langsung parkir di atas bukit Istana Ratu Boko dan tidak harusberjalan melewati tangga.

ketik melihat sunset di Istana Ratu Boko


Untuk tiket anda sedikit merogoh kocek yang sangat murah perorangnya perlu membayar Rp.25.000(dewasa) dan anak-anak Rp. 10.000 belum termasuk parkir.
Dengan melihat Istana Ratu Boko ini anda akan di buat sangat merasakan perdamain dan keindahan-keindahan relief bangunan yang sangat kokoh yang bertahun tahun berdiri ini. Untuk para wisatawan Istana Ratu Boko ini sangat cocok untuk tujuan liburan anda di kota Yogyakarta ini selain sebagai salah satu Peninggalan prasejarah yang ada Di Nusantara Indonesiaku.


EmoticonEmoticon