Tuesday, March 3, 2015

Cara membuat Gudeg Jogja

nasi Gudeg khas Jogja ...



Selera nusantara yang sangat menjanjikan kenikmatan Kuliner Nusantara,nah kalau udah ke Kota yang satu ini pasti lah tidak asing lagi rasanya ditelinga kita yaitu Gudeg asli kota Yogyakarta. Mungkin jika para wisatawan dari luar kota Jogja belum`mengetahui betul tentang kuliner yang satu ini terdapat 3 jenis gudeg yang ada di Yogykarta yaitu Gudeg Kering ,Gudeg Basah dan Gudeg Manggar ketiga jenis kuliner khas Jogja ini adalah sebuah kebudyaan Kuliner yang sudah ada sejak lama.
Gudeg biasanya di jual pada Malam dan pagi hari sebagai salah satu menu sarapan untuk para pejalan kaki diKota ini.

Gudeg merupakan makanan khas jogja yang berbahan dasar nangka muda atau sering disebut juga dengan gori oleh masyarakat sekitar.Rasa masakan ini manis namun ada sedikit rasa khasnya yaitu manis dan gurih,dalam penyajian makanan ini gudeg detemani oleh beberapa lauk lainnya seperti Telur Bacem,ayam kampung,tempe bacem,Tahu bacem dan sambel krecek.

menikmati nasi Gudeg plus telur bacem...



Dahulu pada awalnya hanya ada satu warung gudeg yaitu ibu Slamet yang membuka usahanya di tahun 1946 sekarang sudah banyak warung gudeg yang ada si derah Wijilan ini.Selain menikmati cita rasa aslinya para pengunjung jugadapat membawa oleh-oleh untuk keluarga dirumah khususnya gudeg kering karena daya tahan gudeg ini cukup lama sekitar hampir 3 hari.Beberapa penjual disini juga dengan senang hati akan menunjukan pada anda untuk cara pembuatan bahkan juga paket wisata tentang pembuatan gudeg.
Beberapa varian gudeg khas Jogja
-Gudeg kering,yaitu gudeg yang selalu disajikan dengan areh kental,jauh lebih kental dari pada santan pada masakan lainnya.
-Gudeg basah,yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer
Tips memasak Gudeg Jogja..
1.       ½ kg nangka muda
2.      1 liter air dan 5 lembar daun jati
3.      40 gram gula merah
4.      2 ruas jari lengkuas yang di tumbuk-tumbuk
5.      1 lembar daun salam
6.      400 cc santan
7.      Bumbu yang dihaluskan :2 siung bawang putih 5 siung bawang merah  ½ sdt ketumbar yang disangrai dan 3 butir kemiri

Cara penyajian atau memasak gudegnya...
1.rebus telur dan kupas kulitnya,kemudian potong nangka muda dengan sedikit lebih kasar kemudian rebus dan campurkan dengan daun jati agar nangkanya berwarna merah dan cepat lunak dan lalu tiriskan.
2.semua bumbu dihaluskan kecuali daun salam dan lengkuas,Bumbu dimasukkan kedalam panci yang berisi potongan-potongan ayam,nangka dan serat santan.
3.masukkan telur rebus dan tambahan santan lagi,dan tunggu santan sampai habis .
4.siap dan tiriskan :D
4.Santap bareng keluarga paling top deh heheheh...


Nah untuk para penggemar kuliner Khas kota Yogyakarta sangat lah rugi jika berlibur ke kota yng satu ini jika tidak mencoba makanan khasnya yaitu gudegnya dan anda akan merasakan sensasi yang berbeda karena menikmati kuliner khas Derah Istimewa Yogyakarta.Silahkan anda menikmatinya di salah satu derah yang terkenal dengan pedagang asli gudeg yaitu di daerah Wijilan.
Oke siapkan diri anda untuk mencobanya karena lidah lidah anda akan bergetaran merasakan nikmatnya kuliner yang satu ini..
Sekian..salam Nusantara IndonesiaKU.............


EmoticonEmoticon